Kamis, Juni 19, 2008

Tren Menanjak Portugal, Tahun Ini Juara?


Jakarta - Portugal memang baru ikut Piala Eropa pada tahun 1996 lalu. Namun sejak saat itu raihan yang mereka dapat selalu naik satu tingkat. Jika tren tersebut berlanjut, Deco cs bisa jadi juara tahun ini.

Di kali pertama ikut serta Piala Eropa, Portugal sudah menunjukkan prestasi yang terbilang sangat baik. Setelah tampil sebagai juara di fase grup, langkah generasi emas yang dipimpim Luis Figo terhenti di babak perempatfinal setelah ditaklukkan Republik Ceko dengan skor tipis 1-0.

Empat tahun berselang prestasi Portugal lebih baik lagi. Tergabung di grup maut bersama Inggris dan Jerman mereka justru kembali tampil sebagai juara grup dengan poin sempurna.

Kali ini babak perempatfinal berhasil dilalui setelah menundukkan Turki dengan 2-0. Namun di semifinal kekalahan harus mereka telan setelah disingkirkan Prancis dengan 1-2 melalui perpanjangan waktu.

Peluang besar menjadi juara terbuka lebar saat menjadi tuan rumah empat tahun lalu. Sayang kesempatan emas di depan mata lagi-lagi menguap.

Setelah menjadi juara grup dan berturut-turut menundukkan Inggris serta Belanda, Portugal melangkah ke final untuk kali pertama. Hanya keberuntungan Yunani saja yang kemudian menghindarkan Cristiano Ronaldo cs dari gelar bergengsi pertamanya di ajang internasional. Di final mereka kalah 0-1.

Tahun 1996 maju hingga perempatfinal, lalu melangkah ke semifinal di 2000 untuk kemudian kalah di final pada 2004. Portugal menunjukkan tren menanjak dari satu penyelenggaraan ke penyelenggaraan yang lain. Jika tren tersebut berlanjut tahun ini, mereka harusnya bisa menjadi kampiun. Bisakah?

1 komentar:

Anonim mengatakan...

pasti bisa...

Sign by Danasoft - Myspace Layouts and Signs

Anda adalah pengunjung ke...

Waktu adalah uang

Jangan lupa Sholat!!!

Copy ini untuk memasang link saya

Photobucket

Klasemen Sementara

laskar si pitung | Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all